PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

Perketat pengawasan lalu lintas ternak menjelang hari raya kurban




 Pertahankan Status Bebas PMK, Pejabat Karantina Samarinda Kawal Pemasukan Sapi

 
Samarinda-Dalam rangka mempertahankan status bebas PMK, Karantina Pertanian Samarinda melakukan pengawasan lalu lintas media pembawa dan alat angkut Kapal KM. Nadelyn dengan muatan 566 ekor sapi yang berasal dari Nusa Tenggara Timur tiba di pelabuhan sungai Samarinda pada Selasa (05/06).
 
Setelah dilakukan tindakan karantina, sebanyak 566 ekor sapi tersebut dinyatakan sehat dan tidak ditemukan indikasi gejala PMK sehingga layak untuk dibebaskan.
 
Tindakan karantina yang dilakukan berupa pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen, pemeriksaan fisik, pemeriksaan kelayakan alat angkut dan proses bongkar, serta desinfeksi terhadap media pembawa dan alat angkut.
 
Sebelum diberangkatkan menuju Samarinda, sapi-sapi ini juga telah dilakukan karantina selama 14 hari dan juga uji laboratorium di daerah asal untuk memastikan bahwa ternak dalam keadaan sehat dan bebas dari HPHK.
 
“Setiap pemasukan sapi ke Samarinda kami selalu berupaya untuk menjaga agar daerah tidak tertular PMK atau HPHK lainnya melalui pengetatan pengawasan dan serangkaian tindakan karantina, semoga Kalimantan Timur tetap dapat mempertahankan status bebas PMK dan wabah ini segera teratasi,” ujar Yuke Novia Dokter Hewan Karantina Samarinda.
 
Karantina Pertanian Samarinda sebagai garda terdepan di pintu pemasukan dan pengeluaran terus melakukan pengetatan pengawasan lalu lintas media pembawa yang memungkinkan bisa membawa wabah PMK dan HPHK lainnya. Hal ini diapresiasi oleh Kepala Karantina Pertanian Samarinda, drh. Wirawan Budi Utomo.
 
“Saya mengapresiasi kinerja Pejabat Karantina Pertanian Samarinda yang telah berjuang dalam menjaga Kalimantan Timur agar tetap bebas PMK. Sesuai arahan dari Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, kami memastikan pemeriksaan fisik sapi dilakukan sebelum turun dari alat angkut, pelaksanaan biosecurity terlaksana dengan maksimal dan tetap menerapkan prinsip kesejahteraan hewan dalam prosesnya, "ucap Wirawan.
 
#LaporKarantina
#karantinapertaniansamarinda