PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

BBVET WATES PACU PERCEPATAN PENGUJIAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK)




Balai Besar Veteriner Wates melakukan percepatan pengujian sampel Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dimulai pada Sabtu, 28 Januari 2023 sampai dengan 4 Februari 2023. Target pengerjaan sampel sejumlah 3.000 sampel di laboratorium Serologi dan 810 sampel di laboratorium Bioteknologi dengan melibatkan personal lintas laboratorium. Diharapkan pada pertengahan Februari 2023 hasil pengujian sampel Program Surveillans Pasca Vaksinasi PMK sudah selesai dan dapat masuk tahap analisa data.

Surveillans PAsca vaksinasi PMK merupakan Program Balai Besar Veteriner Wates, dimana sampel berupa serum diambil dari sapi yang sudah divaksin PMK di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel serum diambil dari seluruh wilayah kabupaten/kota oleh dinas yang membidangi kesehatan hewan dan laboratorium kesehatan hewan provinsi. Kegiatan ini akan bermanfaat bagi kebijakan yang akan diambil pemerintah terkait program vaksinasi dan penanggulangan PMK di Indonesia.

Balai Besar Veteriner Wates menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi pada penanggulangan PMK dengan menyelesaikan tugas pengujian sampel PMK tepat waktu sesuai agenda program. (Sumber: Humas BBVet Wates)