PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

BBVet Wates menyelenggarakan Webinar “Sinergitas Kebijakan, Pengetahuan, dan Partisipasi Masyarakat untuk Mempertahankan Wilayah Bebas Rabies”




Balai Besar Veteriner Wates (BBVet Wates) menyelenggarakan webinar dalam rangkan World Rabies Day dengan tema “Sinergitas Kebijakan, Pengetahuan, dan Partisipasi Masyarakat untuk Mempertahankan Wilayah Bebas Rabies” pada Jumat, 17 September 2021 secara daring melalui zoom meeting dan live youtube Balai Besar Veteriner Wates.

Webinar dibuka secara resmi oleh Dr. drh. Nuryani Zainuddin, M.Si. Direktur Kesehatan Hewan mewakili Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Beberapa materi disampaikan oleh Para Narasumber, drh. Arif Wicaksono selaku Koordinator Pencegahan Pemberantasan Penyakit Hewan Direktorat Kesehatan Hewan, Dr. drh. Heri Yulianto, Koordinator Karantina Hewan Hidup, drh. Agung Suganda, M.Si., Kepala Pusat Veteriner Farma, Prof. Dr. drh. Suwarno, M.Si., Guru Besar Virologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, drh. Aniq Syihabuddin, Ketua PDHI Cabang DIY dan dalam kesempatan yang sama drh. Hendra Wibawa, M.Si., Ph.D. selaku Kepala BBVet Wates menyampaikan materi Peran BBvet Wates dalam Surveilans Rabies di Wilayah Bebas Rabies di Jawa.

Perlunya sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, akademisi ataupun praktisi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan peran masyarakat dalam pengendalian Rabies. Dukungan dari sektor kesehatan masyarakat juga sangat diperlukan tidak hanya dalam melaksanakan kegiatan sosiliasasi dan KIE, tetapi juga dalam melaksanakan investigasi dan penilaian risiko secara bersama.

Partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan terutama kesadaran untuk memelihara hewan kesayangan dengan baik termasuk tidak meliarkan hewan dan melaksakan vaksinasi rabies secara rutin sehingga target bebas (zero) rabies Tahun 2030 dapat tercapai. (Sumber: Humas BBVet Wates)