PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

BBVet Wates Melakukan Kunjungan Pada Kegiatan Vaksinasi Massal Brucellosis di Kabupaten Probolinggo




 

Dalam rangka Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Drh. Hendra Wibawa, M.Si, Ph.D melakukan kunjungan pada kegiatan Vaksinasi Massal Brucellosis di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Kelompok Ternak Sapi Perah KUD Argopuro Krucil yang dilaksanakan oleh Pusat Veteriner Farma bekerja sama dengan PT Nestlé Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Kesehatan Hewan, Dr. Drh. Nuryani Zainuddin, M.Si, Kepala Pusat Veteriner Farma, Drh. Agung Suganda M.Si, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi, SP., MMA, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh. Diana Devi, M.Kes, Head Département Dairy PT Nestlé, Ida Royani, Ketua PDHI Jatim II sekaligus Praktisi Dairy Farm, Drh. Deddy Fachrudin Kurniawan, serta unsur Muspika Kecamatan Krucil, Probolinggo.

Direktur Kesehatan Hewan dalam sambutannya menyampaikan arahan bahwa keberhasilan usaha peternakan sapi perah ditentukan pengelolaan manajemen peternakan yang baik dari hulu sampai dengan hilir dimulai dengan penyediaan bibit ternak yang baik, pemenuhan nutrisi pakan yang sehat dan cukup, penjaminan kesehatan hewan, dan terserapnya produksi oleh mitra bisnis peternak/kelompok ternak. Oleh karena itu, Direktorat Kesehatan Hewan, Ditjen PKH menyambut baik dan mendukung program kerjasama seperti yang dilaksanakan Pusvetma dan PT Nestlé khususnya dalam meningkatkan kesehatan sapi perah melalui pelaksana vaksinasi Brucellosis.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke kelompok ternak KUD Argopuro Krucil untuk menyaksikan langsung pelaksanaan vaksinasi massal.

Direktur Kesehatan Hewan bersama Kepala Pusvetma, Kepala BBVet Wates, dan Kepala Dinas PKH Kab. Probolinggo dan rombongan melanjutkan kegiatan peninjauan Kelompok Ternak pada Program Desa Korporasi Sapi di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Disini team melakukan dialog untuk mendengarkan permasalahan yang ada dengan Ketua Kelompok dan Camat Kecamatan Lumbang.

Di akhir kegiatan Direktur Kesehatan Hewan menyampaikan harapan untuk perbaikan manajemen pemiliharaan sapi serta agar kesehatan hewan di monitor secara berkala. BBVet Wates siap mendukung kegiatan Desa Korporasi Sapi khususnya dalam memberikan pelayanan surveilans aktif dan diagnosis penyakit hewan. (Sumber: Humas BBVet Wates)