PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

Sarasehan Petani Milenial Kementan 27-30 Agustus 2022




Kementerian Pertanian mengadakan Sarasehan Petani Milenial yang dikemas dalam agenda kemah bersama di Bumi Perkemahan Ragunan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan petani milenial yang didalamnya diisi dengan kegiatan forum diskusi, pameran produk pertanian, gelar teknologi dan Business Matching.

Balai Besar Veteriner Wates memberikan pendampingan peserta Sarasehan di Komda Petani Milenial Sleman dan Baltul DI Yogyakarta. Peserta dari Yogyakarta antara lain, Kokoh BL, pemuda penggerak pertanian bidang Porang dan Pepaya California, Taufik Dani, peternak milenial asal Turi, Sleman yang merupakan owner Merapi Farm yang sudah menjadi rujukan para peternak domba dan kambing. Dari Sleman juga ada Mas Patricia Junianto, milenial yang menekuni integrated farming, pengusaha hulu hingga hilir bidang pertanian secara luas, dari ternak hingga pengolahan pupuk, dari penyewaan alat berat pertanian, hingga agribisnis cabe. Sedangkan dari Kabupaten Bantul, diikuti perwakilan yaitu M.Galang.N, seorang milenial yang merintis metode kemitraan domba, Mas Huda petani muda Bantul yang sudah cukup dikenal dari berbagai kiprahnya di bidang pertanian dan peternakan serta Kang Suparjiman, Ketua Kelompok Ternak Srandakan.

Sarasehan yang mempertemukan milenial pertanian peternakan dengan Menteri Pertanian Prof.Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,SH.,M.Si.,MH. sangat bermanfaat bagi para peserta karena dalam acara tersebut diisi dengan berbagai keiatan motivasi, peluang bisnis dan paling utama adalah Business Matching yang mempertemukan stakeholder terkait produk dan bibit pertanian, peternakan, hortikultura, hingga peluang pasar baru bagi para milenial tersebut.