PPID Balai Besar Veteriner Wates

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Veteriner Wates

KEPALA BBVET WATES DAMPINGI MENTAN SYL KUNJUNGI RAJENDRA FARM-CLOSED LOOP FARM SAMIGALUH




 Kulonprogo, 14 Februari 2023, Rajendra Farm merupakan salah satu peternakan yang sudah menggabungkan lini komoditas dan sudah mengolah komoditas, sehingga menambah nilai tambah komoditas bahkan peternakan disini telah menjadi lifestyle gaya hidup halal. Farm yang berlokasi di dusun Trayu, desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta hari, Selasa 14 Februari 2023 menjadi pusat perhatian, karena kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Menurut Menteri Pertanian SYL, Rajendra Farm merupakan Farm dengan tipe closed-loop, yaitu merupakan suatu pendekatan untuk mendorong perkembangan agribisnis berkelanjutan yang terintegrasi dari hulu ke hilir yang dapat meningkatkan skala ekonomi, pendapatan petani, dan meningkatkan produktivitas. Menteri Pertanian berharap agar disetiap provinsi ada model seperti Rajendra Farm, sehingga memacu tercapainya kesejahteraan peternak dan ketahanan produk pangan asal ternak di Indonesia.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis KUR terhadap petani peternak Yogyakarta. Kementan telah menggandeng perbankan dalam memfasilitasi peternakan rakyat yang telah melakukan usaha pembibitan dan budidaya untuk ikut memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya untuk penguatan akses pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kualitas bibit, akselerasi peningkatan populasi untuk meningkatkan produktifitas, yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi daging nasional.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Nasrullah menyebutkan, peran strategisnya komoditas kambing dan domba sebagai salah satu komoditas ekspor yang penting bagi pembangunan peternakan dan Kesehatan hewan. Ia pun mengungkapkan, kebutuhan ternak domba/kambing hidup dalam konteks keagamaan seperti pemenuhan aqiqah dan hewan qurban semakin meningkat, dan disisi lain potensi ekspor domba/kambing juga sangat tinggi. Ekspor kambing dan domba hidup dan hasil-hasilnya tahun 2020 mulai tercatat sebesar Rp 10,2 Milyar.

Pada acara ini Balai Besar Veteriner Wates berperan aktif melalui kerjasama dengan Kabupaten Kulonprogo dan Rajendra Farm dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian beserta jajaran Kementerian Pertanian. Balai Besar Veteriner Wates telah menjalin hubungan kerjasama dengan Rajendra Farm, Perhimpunan Peternak Kambing Domba Yogyakarta (PPKDY) sejak tahun 2018. (Sumber: Humas BBVet Wates)