PORTAL PPID

Balai Besar Veteriner Wates

PPID Utama

Surveillans Penyakit Anthraks oleh Petugas Balai Besar Veteriner Wates




Kegiatan surveilans penyakit antraks oleh Balai Besar Veteriner Wates( BBVet Wates) dilakukan di Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang pada tanggal 22-25 Agustus 2023. Kegiatan surveilans ini bertujuan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit antraks dengan memonitor tingkat cemaran spora antraks pada tanah di lokasi/daerah positif antraks, mengetahui tingkat kekebalan ternak ruminansia (sapi, kambing dan domba) hasil vaksinasi antraks dan mengetahui faktor-faktor risiko penyakit antraks di wilayah kerja BBVet Wates. Team kegiatan diketuai oleh Dr. drh Ully Indah Apriliana, M.Sc dengan anggota drh Endang Ruhiat dan Jumadi.

Pengambilan sampel tanah dilakukan secara by judgement atau purposive, yaitu memilih tanah di sekitar tempat kejadian kasus positif antraks seperti tempat penyembelihan, penguburan, kandang dan sekitarnya dari ternak yang mati akibat penyakit antraks sedangkan sampel darah (serum) dilakukan terhadap sapi, kambing dan domba yang telah divaksin antraks sebagai upaya mengetahui tingkat kekebalan pasca vaksinasi antraks. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan wawancara dengan peternak untuk mengetahui faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap penyakit antraks.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Raya Yogya – Wates Km. 27, TP 18, Giri Peni, Wates, Giri Peni, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55602

Hubungi:

HP & WA: WHatsApp : 08112955145 (Humas) / 087838227721 (drh. Basuki /PPID Pelaksana UPT) / 081329366748 (Ismiati / PPID Pembantu Pelaksana UPT)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset